Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Ulasan Artikel Jurnal Ilmiah

Membuat Ulasan Artikel Jurnal Ilmiah



Membuat ulasan artikel misalnya jurnal ilmiah membantu kita menemukan ide untuk mulai membuat jurnal ilmiah kita sendiri. Hal yang perlu dilakukan adalah membaca jurnal secara keseluruhan (baca cepat), kemudian dibaca untuk kedua kalinya dengan menandai hal-hal yang menurut kita penting dan berikan komentar jika perlu, selanjutnya baca untuk ketiga kalinya untuk mencoba memahami hal-hal yang anda tandai dan beri komentar dan lakukan evaluasi dalam bahasa sendiri.

Luangkan waktu untuk membaca juga referensi yang digunakan dalam artikel jurnal ilmiah tersebut untuk memastikan hubungan artikel jurnal ilmiah dengan referensi yang dijadikan acuan dalam penulisannya.

Berikutnya perhatikan metode penelitian yang digunakan, apakah menurut kita sudah tepat digunakan pada artikel jurnal ilmilah tersebut, dengan demikian mungkin kita bisa menggunakan bahasan artikel jurnal Ilmiah tersebut dengan metode penelitian lain, atau metode penelitian tersebut bisa kita adopsi untuk penulisan artikel jurnal ilmiah yang direncanakan untuk kita buat.

Perlu diperhatikan juga tentang bagaimana penulis artikel ilmiah tersebut menyajikan data, atau menampilkan data dan hasil penelitiannya, jika dimungkinkan lakukan evaluasi pada bukti dan analisis yang dituliskan pada artikel jurnal ilmiah tersebut.

Dalam hal penulisan tentunya perlu juga diperhatikan gaya penulisan yang disajikan oleh penulis artikel jurnal ilmiah tersebut, mungkin masih ada kerancuan atau ambigu yang bisa kita komentari dan jadi bahan referensi untuk penulisan artikel jurnal ilmiah yang akan kita buat.

Setelah semua hal yang ditulis diatas dilakukan dengan hati-hati, mulailah membuat ulasan artikel jurnal ilmiah dengan struktur pendahuluan, isi dan kesimpulan, kemudian lakukan ulasan terhadap hasil ulasan kita, jika diperlukan dicoba disampaikan ke rekan-rekan dalam bentuk diskusi atau presentasi untuk mendapatkan masukan dan saran yang membangun.



Referensi: