Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Journal Reading - Membaca Jurnal


Menurut Romi Satria Wahono ada 4 (empat) hal utama yang perlu kita pahami dari sebuah paper ilmiah, khususnya paper di bidang computing (computer science) yaitu masalah penelitian, solusi, substansi dan kesimpulan.

Secara umum struktur jurnal ilmiah adalah sebagai berikut: Judul, Penulis dan Institusinya, Abstrak, Latar Belakang, Metode Penelitian, Hasil, Kesimpulan, Daftar Pustaka.

Sedangkan cara membaca jurnal ilmiah adalah mulai dengan baca secara sekilas, kemudian baca secara kritis hal ini diperlukan untuk menemukan hal yang tidak ada di dalam jurnal tersebut, temukan hal penting dan gunakan catatan untuk memudahkan mengulang membaca jurnal tersebut sampai memungkinkan bisa menuliskan ide penting dari jurnal tersebut dalam 1 (satu), 2 (dua) atau 3 (tiga) kalimat, baca jurnal lainnya untuk membandingkan dan memungkinkan menemukan ide untuk penulisan jurnal kita sendiri.

Mulai membaca Jurnal

  • Siapkan Jurnal + Alat tulis
  • Saran mulai membaca abstrak bisa jadi hal yang pertama dilakukan, namun apabila ternyata abstrak nya kurang lengkap, sebaikhya kita membaca latar belakang jurnal untuk memahami kenapa jurnal itu ditulis.
  • Buat pertanyaan apa masalah dalam riset tersebut yang ingin dipecahkan?, tujuan riset atau penelitian adalah untuk memecahkan suatu masalah.
  • Membuat rangkuman dari latar belakang sebaiknya tidak lebih dari lima kalimat.  Dalam latar belakang yang berisi hal penting seperti penelitian sebelumnya, pentingnya melakukan penelitian ini dan rencana penelitian yang akan dilakukan.
  • buatlah diagram atau peta alur kerja metode yang merupakan langkah yang dilakukan peneliti untuk menjawab permasalahan dari risetnya.  Jika penelitian eksperimen akan tercantum alat, bahan, serta perlakukan yang diberikan pada objek.
  • baca bagian hasil, dan coba merangkum dengan isi apa hasil penelitiannya yang bisa berupa grafik atau tabel.  Perhatikan apakah hasilnya signifikan atau tidak, dan ukuran sampel yang digunakan apakah representatif.
  • Kesimpulan yang baik adalah menjawab inti dari permasalahan, misalnya pada hubungan antara sosial media dan prestasi harus diperjelas apakah ada pengaruhnya tersebut signifikan atau tidak.
  • Kembali ke abstrak dan pastikan pemahaman tentang jurnal melalui tahapan diatas sesuai dengan pemahaman yang sesuai pada kalimat yang ada pada abstrak.