Contoh Proposal Skripsi Informatika
PROPOSAL SKRIPSI
Judul Skripsi
Penerapan Teknologi
Responsive Design pada Website Sekolah untuk Meningkatkan Aksesibilitas dan
User Experience
1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi
informasi yang pesat telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk
pendidikan. Website sekolah menjadi salah satu sarana penting dalam
menyampaikan informasi kepada siswa, orang tua, dan masyarakat umum. Namun,
dengan berbagai perangkat yang digunakan untuk mengakses internet, mulai dari
komputer desktop hingga smartphone dan tablet, website sekolah perlu
dioptimalkan agar dapat diakses dengan baik pada berbagai ukuran layar dan
perangkat.
Responsive Design merupakan
pendekatan desain web yang memungkinkan tampilan website menyesuaikan diri
secara otomatis dengan ukuran layar perangkat yang digunakan. Penerapan
teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan pengalaman pengguna
(User Experience/UX) bagi pengunjung website sekolah. Dengan desain yang
responsif, informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat, tanpa mengalami
kendala tampilan atau navigasi.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang
di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
- Bagaimana merancang dan
mengimplementasikan desain responsif pada website sekolah?
- Fitur-fitur apa saja yang perlu
dioptimalkan untuk meningkatkan aksesibilitas dan pengalaman pengguna pada
website sekolah?
- Sejauh mana penerapan responsive design
dapat meningkatkan kepuasan pengguna dibandingkan dengan desain website
yang tidak responsif?
1.3 Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan
untuk:
- Merancang dan mengembangkan website
sekolah dengan penerapan teknologi responsive design.
- Mengidentifikasi dan mengimplementasikan
fitur-fitur yang dapat meningkatkan aksesibilitas dan UX pada website
sekolah.
- Menganalisis peningkatan aksesibilitas
dan pengalaman pengguna setelah penerapan responsive design.
1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini
antara lain:
- Bagi Pengembang Web:
Memberikan wawasan tentang penerapan responsive design dalam pengembangan
website pendidikan.
- Bagi Sekolah:
Menyediakan website yang lebih user-friendly dan mudah diakses oleh semua
pengguna, meningkatkan komunikasi dan informasi yang disampaikan.
- Bagi Akademisi:
Menambah referensi dalam bidang desain web responsif dan pengaruhnya
terhadap UX dalam konteks pendidikan.
2. Tinjauan Pustaka
2.1 Responsive Design
- Definisi dan Konsep:
Penjelasan mengenai responsive design, prinsip-prinsip dasar, dan
pentingnya dalam pengembangan web modern.
- Teknologi dan Framework:
Pembahasan tentang teknologi yang digunakan dalam responsive design
seperti CSS3, media queries, dan framework seperti Bootstrap atau
Foundation.
- Keunggulan Responsive Design:
Manfaat penggunaan responsive design dibandingkan dengan desain web
tradisional.
2.2 Aksesibilitas Web
- Definisi Aksesibilitas:
Pengertian aksesibilitas dalam konteks web dan pentingnya bagi berbagai
kelompok pengguna, termasuk penyandang disabilitas.
- Standar Aksesibilitas:
Pembahasan tentang standar seperti WCAG (Web Content Accessibility
Guidelines) dan bagaimana penerapannya dalam desain web.
- Teknik Meningkatkan Aksesibilitas:
Metode dan praktik terbaik untuk memastikan website dapat diakses oleh
semua pengguna.
2.3 User Experience (UX)
- Konsep UX:
Definisi UX, elemen-elemen yang mempengaruhinya, dan pentingnya dalam
pengembangan website.
- Metode Evaluasi UX:
Teknik untuk mengukur dan menganalisis UX, seperti usability testing dan
user feedback.
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi UX:
Desain antarmuka, navigasi, kecepatan loading, dan responsivitas.
2.4 Studi Terkait
- Penelitian Sebelumnya:
Ulasan tentang penelitian-penelitian yang relevan terkait penerapan
responsive design pada website pendidikan dan dampaknya terhadap
aksesibilitas dan UX.
- Kesenjangan Penelitian:
Identifikasi area yang masih kurang diteliti dan bagaimana penelitian ini
akan mengisi kesenjangan tersebut.
3. Metodologi Penelitian
3.1 Jenis Penelitian
Penelitian ini menggunakan
metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model
ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
3.2 Langkah-Langkah
Penelitian
- Analisis Kebutuhan:
Mengidentifikasi kebutuhan fungsional dan non-fungsional website sekolah,
termasuk kebutuhan pengguna dan tujuan website.
- Perancangan Sistem:
Mendesain arsitektur website, struktur navigasi, dan mockup antarmuka
pengguna yang responsif.
- Pengembangan Sistem:
Mengimplementasikan desain responsif menggunakan teknologi web modern
seperti HTML5, CSS3, JavaScript, dan framework seperti Bootstrap.
- Pengujian Sistem:
Melakukan pengujian fungsionalitas, responsivitas, aksesibilitas, dan UX
melalui metode usability testing dan survei pengguna.
- Evaluasi dan Dokumentasi:
Mengevaluasi hasil pengujian, menganalisis data yang diperoleh, dan
mendokumentasikan proses serta hasil penelitian.
3.3 Teknik Pengumpulan Data
- Studi Pustaka:
Mengumpulkan informasi dari buku, jurnal, artikel, dan sumber online
terkait responsive design, aksesibilitas, dan UX.
- Wawancara:
Mengumpulkan data dari pihak sekolah, seperti administrator website dan
pengguna (siswa, guru, orang tua).
- Observasi:
Mengamati website sekolah yang ada untuk mengidentifikasi kekurangan dan
peluang perbaikan.
- Survei:
Mengumpulkan feedback dari pengguna mengenai pengalaman mereka menggunakan
website sekolah sebelum dan setelah penerapan responsive design.
3.4 Alat dan Teknologi
- HTML5 & CSS3:
Untuk pengembangan struktur dan desain website yang responsif.
- JavaScript:
Untuk interaktivitas dan dinamisasi konten website.
- Framework Bootstrap:
Untuk mempercepat proses pengembangan dan memastikan responsivitas yang
optimal.
- Adobe XD atau Figma:
Untuk membuat mockup dan prototipe desain antarmuka pengguna.
- Google Analytics:
Untuk menganalisis trafik dan perilaku pengguna di website.
- Aksesibilitas Tools:
Seperti WAVE atau Lighthouse untuk mengevaluasi tingkat aksesibilitas
website.
4. Rencana Kerja dan Jadwal
Tahap Penelitian |
Bulan 1 |
Bulan 2 |
Bulan 3 |
Bulan 4 |
Bulan 5 |
Bulan 6 |
Analisis Kebutuhan |
X |
|||||
Perancangan Sistem |
X |
X |
||||
Pengembangan Sistem |
X |
X |
||||
Pengujian Sistem |
X |
X |
||||
Evaluasi dan Dokumentasi |
X |
X |
||||
Penyusunan Laporan Akhir |
X |
X |
||||
Presentasi dan Sidang Skripsi |
X |
5. Referensi
Beberapa referensi yang akan
digunakan dalam penelitian ini antara lain:
- Marcotte, E.
(2010). Responsive Web Design. A List Apart. Diakses dari https://alistapart.com/article/responsive-web-design/
- Garrett, J. J.
(2010). The Elements of User Experience: User-Centered Design for the
Web and Beyond. New Riders.
- W3C Web Accessibility Initiative (WAI).
(2023). Web Content Accessibility Guidelines (WCAG) 2.1. Diakses
dari https://www.w3.org/WAI/standards-guidelines/wcag/
- Bootstrap Documentation.
(2023). Bootstrap: The Most Popular HTML, CSS, and JS Framework for
Developing Responsive, Mobile-First Projects on the Web. Diakses dari https://getbootstrap.com/docs/5.0/getting-started/introduction/
- Nielsen, J., & Budiu, R.
(2012). Mobile Usability. New Riders.
6. Lampiran
- Lampiran A:
Diagram Alur Sistem
- Lampiran B:
Mockup Antarmuka Pengguna
- Lampiran C:
Kuesioner Survei Pengguna