Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Skripsi Informatika

PROPOSAL SKRIPSI


Judul Skripsi

Penerapan Teknologi Responsive Design pada Website Sekolah untuk Meningkatkan Aksesibilitas dan User Experience


1. Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Website sekolah menjadi salah satu sarana penting dalam menyampaikan informasi kepada siswa, orang tua, dan masyarakat umum. Namun, dengan berbagai perangkat yang digunakan untuk mengakses internet, mulai dari komputer desktop hingga smartphone dan tablet, website sekolah perlu dioptimalkan agar dapat diakses dengan baik pada berbagai ukuran layar dan perangkat.

Responsive Design merupakan pendekatan desain web yang memungkinkan tampilan website menyesuaikan diri secara otomatis dengan ukuran layar perangkat yang digunakan. Penerapan teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan pengalaman pengguna (User Experience/UX) bagi pengunjung website sekolah. Dengan desain yang responsif, informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat, tanpa mengalami kendala tampilan atau navigasi.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:

  1. Bagaimana merancang dan mengimplementasikan desain responsif pada website sekolah?
  2. Fitur-fitur apa saja yang perlu dioptimalkan untuk meningkatkan aksesibilitas dan pengalaman pengguna pada website sekolah?
  3. Sejauh mana penerapan responsive design dapat meningkatkan kepuasan pengguna dibandingkan dengan desain website yang tidak responsif?

1.3 Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk:

  1. Merancang dan mengembangkan website sekolah dengan penerapan teknologi responsive design.
  2. Mengidentifikasi dan mengimplementasikan fitur-fitur yang dapat meningkatkan aksesibilitas dan UX pada website sekolah.
  3. Menganalisis peningkatan aksesibilitas dan pengalaman pengguna setelah penerapan responsive design.

1.4 Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian ini antara lain:

  1. Bagi Pengembang Web: Memberikan wawasan tentang penerapan responsive design dalam pengembangan website pendidikan.
  2. Bagi Sekolah: Menyediakan website yang lebih user-friendly dan mudah diakses oleh semua pengguna, meningkatkan komunikasi dan informasi yang disampaikan.
  3. Bagi Akademisi: Menambah referensi dalam bidang desain web responsif dan pengaruhnya terhadap UX dalam konteks pendidikan.

2. Tinjauan Pustaka

2.1 Responsive Design

  • Definisi dan Konsep: Penjelasan mengenai responsive design, prinsip-prinsip dasar, dan pentingnya dalam pengembangan web modern.
  • Teknologi dan Framework: Pembahasan tentang teknologi yang digunakan dalam responsive design seperti CSS3, media queries, dan framework seperti Bootstrap atau Foundation.
  • Keunggulan Responsive Design: Manfaat penggunaan responsive design dibandingkan dengan desain web tradisional.

2.2 Aksesibilitas Web

  • Definisi Aksesibilitas: Pengertian aksesibilitas dalam konteks web dan pentingnya bagi berbagai kelompok pengguna, termasuk penyandang disabilitas.
  • Standar Aksesibilitas: Pembahasan tentang standar seperti WCAG (Web Content Accessibility Guidelines) dan bagaimana penerapannya dalam desain web.
  • Teknik Meningkatkan Aksesibilitas: Metode dan praktik terbaik untuk memastikan website dapat diakses oleh semua pengguna.

2.3 User Experience (UX)

  • Konsep UX: Definisi UX, elemen-elemen yang mempengaruhinya, dan pentingnya dalam pengembangan website.
  • Metode Evaluasi UX: Teknik untuk mengukur dan menganalisis UX, seperti usability testing dan user feedback.
  • Faktor-faktor yang Mempengaruhi UX: Desain antarmuka, navigasi, kecepatan loading, dan responsivitas.

2.4 Studi Terkait

  • Penelitian Sebelumnya: Ulasan tentang penelitian-penelitian yang relevan terkait penerapan responsive design pada website pendidikan dan dampaknya terhadap aksesibilitas dan UX.
  • Kesenjangan Penelitian: Identifikasi area yang masih kurang diteliti dan bagaimana penelitian ini akan mengisi kesenjangan tersebut.

3. Metodologi Penelitian

3.1 Jenis Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).

3.2 Langkah-Langkah Penelitian

  1. Analisis Kebutuhan: Mengidentifikasi kebutuhan fungsional dan non-fungsional website sekolah, termasuk kebutuhan pengguna dan tujuan website.
  2. Perancangan Sistem: Mendesain arsitektur website, struktur navigasi, dan mockup antarmuka pengguna yang responsif.
  3. Pengembangan Sistem: Mengimplementasikan desain responsif menggunakan teknologi web modern seperti HTML5, CSS3, JavaScript, dan framework seperti Bootstrap.
  4. Pengujian Sistem: Melakukan pengujian fungsionalitas, responsivitas, aksesibilitas, dan UX melalui metode usability testing dan survei pengguna.
  5. Evaluasi dan Dokumentasi: Mengevaluasi hasil pengujian, menganalisis data yang diperoleh, dan mendokumentasikan proses serta hasil penelitian.

3.3 Teknik Pengumpulan Data

  • Studi Pustaka: Mengumpulkan informasi dari buku, jurnal, artikel, dan sumber online terkait responsive design, aksesibilitas, dan UX.
  • Wawancara: Mengumpulkan data dari pihak sekolah, seperti administrator website dan pengguna (siswa, guru, orang tua).
  • Observasi: Mengamati website sekolah yang ada untuk mengidentifikasi kekurangan dan peluang perbaikan.
  • Survei: Mengumpulkan feedback dari pengguna mengenai pengalaman mereka menggunakan website sekolah sebelum dan setelah penerapan responsive design.

3.4 Alat dan Teknologi

  • HTML5 & CSS3: Untuk pengembangan struktur dan desain website yang responsif.
  • JavaScript: Untuk interaktivitas dan dinamisasi konten website.
  • Framework Bootstrap: Untuk mempercepat proses pengembangan dan memastikan responsivitas yang optimal.
  • Adobe XD atau Figma: Untuk membuat mockup dan prototipe desain antarmuka pengguna.
  • Google Analytics: Untuk menganalisis trafik dan perilaku pengguna di website.
  • Aksesibilitas Tools: Seperti WAVE atau Lighthouse untuk mengevaluasi tingkat aksesibilitas website.

4. Rencana Kerja dan Jadwal

Tahap Penelitian

Bulan 1

Bulan 2

Bulan 3

Bulan 4

Bulan 5

Bulan 6

Analisis Kebutuhan

X

Perancangan Sistem

X

X

Pengembangan Sistem

X

X

Pengujian Sistem

X

X

Evaluasi dan Dokumentasi

X

X

Penyusunan Laporan Akhir

X

X

Presentasi dan Sidang Skripsi

X


5. Referensi

Beberapa referensi yang akan digunakan dalam penelitian ini antara lain:

  1. Marcotte, E. (2010). Responsive Web Design. A List Apart. Diakses dari https://alistapart.com/article/responsive-web-design/
  2. Garrett, J. J. (2010). The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond. New Riders.
  3. W3C Web Accessibility Initiative (WAI). (2023). Web Content Accessibility Guidelines (WCAG) 2.1. Diakses dari https://www.w3.org/WAI/standards-guidelines/wcag/
  4. Bootstrap Documentation. (2023). Bootstrap: The Most Popular HTML, CSS, and JS Framework for Developing Responsive, Mobile-First Projects on the Web. Diakses dari https://getbootstrap.com/docs/5.0/getting-started/introduction/
  5. Nielsen, J., & Budiu, R. (2012). Mobile Usability. New Riders.

6. Lampiran

  • Lampiran A: Diagram Alur Sistem
  • Lampiran B: Mockup Antarmuka Pengguna
  • Lampiran C: Kuesioner Survei Pengguna