Topik Khusus Penelitian Informatika
Topik Khusus Penelitian Informatika
Matematika dan Statistika
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
- Menguasai konsep dan ilmu probabilitas dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- Memahami konsep dasar tentang teori informasi yang berhubungan dengan komputasi numerik.
- Memahami konsep dan teori tentang kalkulus differensial dan kalkulus integral dengan teorema dasar kalkulus.
- Memahami konsep dan teori dasar diskrit seperti logika himpunan, boolean dan graf.
- Memahami konsep dan teori tentang persamaan linier dengan menggunakan matriks dan vector
Algoritma dan Pemrograman
- Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- Memahami konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- Menerapkan Metode dan Praktik Penggunaan Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian, dan pemelihaan sistem.
- Memahami konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Menganalisis suatu sistem berbasis komputer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman prosedural dan berorientasi objek.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis, dan citra
Sistem Cerdas
- Menentukan pendekatan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, memilih representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
- Menerapkan pendekatan berbagai sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi.
- Menerapkan penggunaan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
- Evaluasi kinerja dari penerapan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, termasuk dalam pemilihan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
- Memahami konsep dasar dan teori kecerdasan buatan berikut konsep dan turunan algoritmanya.
- Menerapkan kecerdasan buatan dengan mengimplementasikan algoritma secara pendekatan yang berbeda yaitu supervised, unsupervised, dan semi supervised.
- Menganalisa implementasi algoritma secara secara pendekatan yang berbeda yaitu supervised, unsupervised, dan semi supervised.
- Mengevaluasi implementasi algoritma secara secara pendekatan yang berbeda yaitu supervised, unsupervised, dan semi supervised.
Rekayasa Perangkat Lunak
- Membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer.
- Menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi komputer.
- Memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep-konsep dasar pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak, serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan komputer untuk memecahkan masalah tertentu.
- Merancang program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis, dan citra, serta dapat memvisualisasikannya.
- Membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer.
- Membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, sistem cerdas, dan bahasa natural.
- Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data.
- Memahami konsep dan teori tentang database, Rekayasa Perangkat Lunak, berikut pengujian perangkat lunak itu sendiri.
Komputer Arsitektur (Sistem Komputer)
- Menganalisis sistem serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif.
- Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi komputer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi komputer.
- Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform pada Mobile Computing, serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area.
- Merancang sistem keamanan serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- Mengimplementasikan konfigurasi keamanan informasi.
- Memahami abstraksi dari ekskusi sebuah program pada sebuah sistem komputer.
Sistem terdistribusi (Sistem Komputer)
- Merancang sistem jaringan komputer serta melakukan pengelolaan secara kontinu.
- Memahami prinsip dasar sistem jaringan komputer.
- Menerapkan algoritma paralel yang dapat memanfaatkan sumberdaya komputasi yang tersedia dengan efisien.
- Mengembangkan aplikasi sederhana berbasis jaringan.
Grafik Komputer dan Multimedia
- Menguasai konsep pemodelan, rendering, animasi, visualisasi grafik komputer dan multimedia.
- Menjelaskan tentang grafik primitif, ruang geometri grafik dan komponen multimedia.
- Membuat aplikasi grafik, visualisasi grafik dan multimedia.
- Membuat animasi digital 3D.
Catatan:
Contoh : Proposal Penelitian (Skripsi)