Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Topik Khusus Penelitian Informatika


Matematika dan Statistika

  1. Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
  2. Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
  3. Menguasai konsep dan ilmu probabilitas dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
  4. Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
  5. Memahami konsep dasar tentang teori informasi yang berhubungan dengan komputasi numerik.
  6. Memahami konsep dan teori tentang kalkulus differensial dan kalkulus integral dengan teorema dasar kalkulus.
  7. Memahami konsep dan teori dasar diskrit seperti logika himpunan, boolean dan graf.
  8. Memahami konsep dan teori tentang persamaan linier dengan menggunakan matriks dan vector

Algoritma dan Pemrograman

  1. Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
  2. Memahami konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
  3. Menerapkan Metode dan Praktik Penggunaan Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian, dan pemelihaan sistem.
  4. Memahami konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
  5. Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
  6. Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
  7. Menganalisis suatu sistem berbasis komputer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman prosedural dan berorientasi objek.
  8. Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis, dan citra

Sistem Cerdas

  1. Menentukan pendekatan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, memilih representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
  2. Menerapkan pendekatan berbagai sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi.
  3. Menerapkan penggunaan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
  4. Evaluasi kinerja dari penerapan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, termasuk dalam pemilihan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
  5. Memahami konsep dasar dan teori kecerdasan buatan berikut konsep dan turunan algoritmanya.
  6. Menerapkan kecerdasan buatan dengan mengimplementasikan algoritma secara pendekatan yang berbeda yaitu supervised, unsupervised, dan semi supervised.
  7. Menganalisa implementasi algoritma secara secara pendekatan yang berbeda yaitu supervised, unsupervised, dan semi supervised.
  8. Mengevaluasi implementasi algoritma secara secara pendekatan yang berbeda yaitu supervised, unsupervised, dan semi supervised.


Rekayasa Perangkat Lunak

  1. Membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer.
  2. Menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi komputer.
  3. Memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep-konsep dasar pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak, serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan komputer untuk memecahkan masalah tertentu.
  4. Merancang program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis, dan citra, serta dapat memvisualisasikannya.
  5. Membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer.
  6. Membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, sistem cerdas, dan bahasa natural.
  7. Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data.
  8. Memahami konsep dan teori tentang database, Rekayasa Perangkat Lunak, berikut pengujian perangkat lunak itu sendiri.


Komputer Arsitektur (Sistem Komputer)

  1. Menganalisis sistem serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif.
  2. Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi komputer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi komputer.
  3. Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform pada Mobile Computing, serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area.
  4. Merancang sistem keamanan serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
  5. Mengimplementasikan konfigurasi keamanan informasi.
  6. Memahami abstraksi dari ekskusi sebuah program pada sebuah sistem komputer.


Sistem terdistribusi (Sistem Komputer)

  1. Merancang sistem jaringan komputer serta melakukan pengelolaan secara kontinu.
  2. Memahami prinsip dasar sistem jaringan komputer.
  3. Menerapkan algoritma paralel yang dapat memanfaatkan sumberdaya komputasi yang tersedia dengan efisien.
  4. Mengembangkan aplikasi sederhana berbasis jaringan.

Grafik Komputer dan Multimedia

  1. Menguasai konsep pemodelan, rendering, animasi, visualisasi grafik komputer dan multimedia.
  2. Menjelaskan tentang grafik primitif, ruang geometri grafik dan komponen multimedia.
  3. Membuat aplikasi grafik, visualisasi grafik dan multimedia.
  4. Membuat animasi digital 3D.